Sabtu, 20 Maret 2010

Apa itu Akupunktur ?

Akupuntur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, "jarum" (k benda), dan pungere, "tusuk" (k kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhēn jiǔ (針灸 arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik ini di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Akupunktur berasal dari Tiongkok  dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupuntur (Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik) dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia.


Teori Akupunktur

Teori akupuntur yang berasal dari Pengobatan/Obat-obatan tradisional Tiongkok tidak melalui penggunaan metode ilmiah, dan mendapat berbagai kritik berdasarkan pemikiran ilmiah. Tidak ada basis anatomis atau histologis yang secara fisik bisa diverifikasi tentang keberadaan titik akupunktur atau meridian (akupunktur).

Apakah yang dimaksud dengan akupunktur?

  •  Akupunktur adalah suatu cara pengobatan dengan perangsangan titik-titik tertentu (titik akupunktur) dipermukaan tubuh untuk menyembuhkan suatu penyakit.
  •  Perangsangan tersebut dapat dilakukan melalui penusukan jarum, penyuntikan, penyinaran dan sebagainya.
Mengapa memilih akupunktur medik?
  • Akupunktur medik merupakan bagian dari Physical Medicine dan berdasarkan pada Neuroscience, mengobati pasien menurut prinsip medik dan evidence based.
  • Akupunktur telah berkembang dari konsep tradisional klasik menjadi akupunktur medik yang diterapkan menurut kaidah-kaidah kedokteran konvensional

Secara umum penggunaan akupunktur dalam pengobatan adalah pada :

  •  Berbagai keadaan nyeri seperti nyeri kepala, nyeri bahu, nyeri lambung, nyeri lutut.
  •  Berbagai kelainan fungsional seperti asma, alergi, susah tidur, mual pada kehamilan.
  •  Beberapa kelainan saraf, seperti kelumpuhan muka, kelumpuhan anggota gerak, kesemutan.
  •  Keadaan tertentu lainnya seperti ketagihan merokok, kegemukan, peningkatan stamina.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

Site Info

Text

Terapi Autis dengan Metode Akupunktur Copyright © 2009 Community is Designed by Bie